LIGASTRIKE.com – Piala Dunia 2022 sebentar lagi akan bergulir dan semua mata akan tertuju pada per Sembilan negara telah memastikan tempat di babak utama, tiga di antaranya adalah Brasil, Jerman, serta Prancis.

Dengan demikian, gemerlap ajang terakbar antarnegara di muka bumi ini akan dihiasi sejumlah nama besar, seperti Neymar Jr dari Brasil, Manuel Neuer dari Jerman, dan Kylian Mbappe dari Prancis.

Piala Dunia 2022 menampilkan 13 tim dari Eropa, lima dari Afrika, lima dari Asia (empat + tuan rumah Qatar), empat dari Amerika Selatan dan tiga dari Amerika Utara. Dua tempat terakhir akan diisi oleh pemenang playoff antarbenua.

Kondisinya saat ini, ada beberapa negara pesepak bola papan atas yang terancam gagal lolos ke Piala Dunia 2022.

ada lima bintang yang terancam gagal tampil di perhelatan empat tahunan ini. Lantas, siapa saja? Simak ulasan berikut ini. 

1. Erling Haaland

Erling Haaland masuk ke dalam daftar pertama yang terancam gagal tampil di Piala Dunia 2022. Pasalnya, striker 21 tahun ini bersama dengan Timnas Norwegia tengah berada dalam posisi yang tidak aman di babak grup kualifikasi zona Eropa.

Norwegia kini menempati urutan ketiga dengan koleksi 18 poin atau berselisih dua poin dari pemuncak klasemen Grup G, yakni Belanda. Partai berat pun akan dihadapi Norwegia pada laga pamungkas, di mana mereka akan menantang Oranje.

Tentunya tiga poin wajib diraih. Namun jika sebaliknya, Norwegia dan Haaland harus mengubur mimpi untuk tampil di Piala Dunia 2022.

2. Luis Suarez

Nama berikutnya adalah Luis Suarez. El Pistolero gagal membawa Uruguay meraih kemenangan dalam tiga laga terakhir di babak kualifikasi zona CONMEBOL, teranyar mereka takluk 0-1 dari tamunya, Argentina.

Hasil tersebut menempatkan Uruguay untuk sementara bertengger di posisi keenam dengan koleksi 16 poin dari 13 laga. La Celeste sebetulnya miliki poin yang sama dengan Chile yang berada di peringkat keempat yang merupakan ambang batas untuk lolos otomatis ke Piala Dunia 2022, namun mereka kalah dalam hal selisih gol.

Meski peluang masih terbuka lebar dengan lima pertandingan sisa, Suarez dan kolega tak boleh kembali tergelincir agar kans mereka tidak semakin menipis. Dengan demikian, tentunya kemenangan patut diraih Uruguay di laga sisa.

Namun, jika akhirnya Uruguay gagal lolos, Suarez akan melewatkan kesempatan terakhirnya tampil di ajang Piala Dunia mengingat usianya kini telah menyentuh 34 tahun.

3. Bruno Fernandes

Bruno Fernandes gagal membawa Portugal lolos otomatis ke babak utama Piala Dunia 2022. Hasil itu didapat usai Selecao das Quinas takluk 1-2 dari Serbia di partai pamungkas.

Kendati demikian, penggawa klub Manchester United (MU) ini masih bisa mengantarkan Portugal melaju ke Qatar, yakni melalui jalur play-off usai menempati peringkat kedua Grup A.

Namun, tentunya hal itu tak mudah. Pasalnya, dari 10 tim yang melangkah ke babak play-off zona Eropa, akan hanya ada tiga tiket yang tersedia dan tentunya lawan Portugal di babak play-off juga tidaklah mudah.

4. Robert Lewandowski

Satu penyerang hebat lainnya yang terancam gagal tampil di Piala Dunia 2022 adalah Robert Lewandowski. Bersama Polandia di Grup I zona Eropa, mereka kini duduk di peringkat kedua dan berselisih tiga poin dari Inggris di puncak.

Polandia hampir dipastikan akan menuju ke babak play-off dan Inggris akan lolos otomatis ke babak utama. Itu tak lepas dari partai terakhir Inggris di babak kualifikasi, di mana The Three Lions akan menghadapi lawan mudah, yakni sang penghuni dasar klasemen, San Marino.

Lewandowski dan kolega harus bersusah payah kembali bersama sembilan tim lainnya di babak play-off zona Eropa untuk memperebutkan tiga tiket yang tersedia untuk melenggang ke Qatar tahun depan.

5. Cristiano Ronaldo

Nama terakhir adalah rekan Bruno Fernandes, baik di klub maupun timnas, yakni Cristiano Ronaldo. Pemenang Ballon d’Or lima kali ini minim kontribusi di partai terakhir Grup A, sehingga Portugal akhirnya menderita kekalahan secara tragis dari Serbia.

Disebutkan sebelumnya bahwa Portugal memiliki peluang melaju ke Qatar melalui jalur play-off, namun jika kesempatan terakhir itu pupus juga, ini akan menjadi kehilangan yang luar biasa pada perhelatan Piala Dunia 2022, di mana tidak adanya sosok sang megabintang beraksi di lapangan hijau.

Terlepas itu, Ronaldo pastinya akan berjuang mati-matian membawa Portugal ke Piala Dunia 2022. Pasalnya, perhelatan tersebut kemungkinan akan menjadi Piala Dunia terakhirnya mengingat usia Ronaldo yang kini telah menyentuh 36 tahun.